Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Kantor Wilayah Sumatera Selatan

KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI MUARA ENIM

Imigrasi Muaraenim Gelar Operasi Gabungan Keimigrasian WNA

Kantor Imigrasi kelas ll Non TPI Muaraenim bersama Tim PORA Kabupaten Ogan Komering Ulu laksanakan Operasi Gabungan Keimigrasian kepada orang asing. Sabtu, (12/6/2021). Kegiatan Oprasi gabungan tersebut di laksanakan PT. Bakti Nugraha Yudha Energy yang beralamat di Desa Terusan, Kel. Tanjung Kemala, Kec. Baturaja Timur, Kab. Ogan Komering Ulu.

Kasi Penindakan Intelijen Kantor Imigrasi Muaraenin Machmudi SE saat di konfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut. Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan dalam rangka upaya pengawasan bagi orang asing yang ada di wilayah satuan kerja kantor Imigrasi Muaraenim.

” Ya, benar kemarin (red) kami kantor Imigrasi Muaraenim bersama Tim Pora kabupaten OKU melakukan operasi gabungan terhadap orang asing di sala satu perusahaan yang bergerak di bidang PLTU di Baturaja,” katanya.

Lanjutnya Mahmudi mengatakan, kegiatan tersebut di laksanakan pada hari Jum’at pukul 08.00 pagi hingga sampai selesai.

Dari Oprasi gabungan Tim Pora tersebut, sambungnya, kita hanya mendapatkan 1 TKA asal negara China PT. Bakti Nugraha Yudha Energy.

” Dan Tidak ditemukannya pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh perusahaan dalam hal ini PT. Bakti Nugraha Yudha Energy sebagai penjamin dan TKA, karena memiliki dokumen keimigrasian lengkap serta Perusahaan telah menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19,” bebernya.

Selain, melakukan pendataan orang asing di perusahaan tersebut pihaknya bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKU meminta data komposisi tenaga kerja di PT. Bakti Nugraha Yudha Energy sementara

Dinas Kesehatan OKU menghimbau kepada pihak perusahaan untuk memenuhi standar klinik untuk protokol kesehatan dan ketersediaan fasilitas dokter serta obat-obatan.

” Alhamdullilah, kegiatan Operasi gabungan tersebut berjalan lancar dan tidak di temukan adanya pelanggaran,” tukasnya.

Terpisaha, Kepala Imigrasi Muaraenim Made Nur Hepi Juniartha SH MAP saat di konfirmasi menjelaskan, pihaknya akan selalu intens melakukan Oprasi gabungan tersebut di seluruh wilayah kerja kantor Imigirasi kelas ll Non TPI Muaraenim guna dalam rangka untuk melakukan pendataan kepada orang asing yang ada di wilayah kerja kantor Imigrasi Muaraenim.

” Ya kegiatan ini akan selalu intens kita lakukan di seluruh wilayah kerja kantor Imigrasi Muaraenim, dan saya juga menghimbau kepada masyarakat apa bila menemukan keberadaan orang asing yang mencurigakan segera laporan kepada kami,” pungkasnya.

Terpantau, hadir pada kegiatan tersebut kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Ogan Komering Ulu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Ogan Komering Ulu, Kepala Dinas Kesehatan Kab. OKU, Pasi Intel Kodim 0403 Ogan Komering Ulu, Kasat Intelkam Polres Ogan Komering Ulu, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu, Kepala Pos Badan Intelijen Daerah Ogan Komering Ulu, Kepala Badan Intelijen Strategis Kab. Ogan Komering Ulu, Koordinator Pengawas Ketenagakerjaan Kab. Ogan Komering Ulu.