Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Kantor Wilayah Sumatera Selatan

KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI MUARA ENIM

RAPAT TIM PORA TINGKAT KECAMATAN KAB.MUARA ENIM

MUARA ENIM — Dalam rangka Sinergitas Pengawasan Orang Asing dan Penegakan Hukum di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Muara Enim bertempat, Selasa (15/6/2021) di Hotel Griya Sintesa Muara Enim.


⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Kegiatan Rakor TIM PORA tersebut, dibuka langsung oleh Pj Bupati Kabupaten Muara Enim Nasrun Umar di dampingi Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Provinsi Sumsel Herdaus dan kepala Imigrasi kelas ll Non TPI Muara Enim Made Nurhepi Juniartha serta di hadiri tamu undangan lainya.

Dalam sambutanya, Kadiv Kanwil Keimigrasian Herdaus mengatakan, pihak mengajak kepada seluruh instasi vertikal Pemkab Muara Enim untuk dapat berperan aktif bersama sama dalam pengawasan orang asing di kabupaten Muaraenim.

” Dari itu, mohon petunjuk dan arahanya pak Bupati, terhadap rakor Tim Pora ini, agar terciptanya sinergitas bersama khususnya terhadap pengawasan orang asing ,” ungkapnya.

Lanjut Herdaus, kantor Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel siap mendukung penuh komitmen Pj Bupati Muara Enim dalam membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Muara Enim, sesuai dengan salah satu fungsi Imigrasi sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

” Sesuai dengan Instruksi Menteri Hukum dan HAM dalam rangka mencegah gerakan Masyarakat khususnya di wilayah Muara Enim, kami siap untuk dapat bersinergitas bersama Pemkab Muaraenim, dalam rangka untuk mensejaterakan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu Pj Bupati H Nasrun Umar dalam sambutanya menjelaskan, dirinya sangat mendukung menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.

“Saya ucapan terima kasih atas partisipasi semua para anggota tim pora yang terdiri dari camat Kapolsek dan Danramil serta undangan sekalian yang tepat hadir pada pagi hari. Ini adalah sebagai salah satu wujud Keinginan kita bersama untuk saling bersinergi satu sama lain antar instansi dalam hal pengawasan orang asing bersama Kantor Imigrasi kelas lI non TPI Muara Enim ,” jelasnya.

Nasrun menambahkan, kata kunci keberhasilan sinergitas lintas sektoral yang dilaksanakan akan sangat kurang bermanfaat apa bila kesatuan visi misi dan persepsi tidak selaras.

” Maka itu, kami minta dan berpesan kepada seluruh OPD terkait, pemerintah kecamatan dan seterusnya dapat melaksanakan koordinasi komunikasi yang baik menghasilkan sinergitas diantara kita bersama antara Pemkab Muara Enim dan Kantor Imigrasi Muara Enim, demi mewujudkan Muara Enim yang mandiri, berdaya saing, sehat dan sejahtera,” tegasnya.

Lebih lanjut, HNU meminta kepada Kantor Imgrasi Muaraenim agar dapat untuk selalu berkoordinasi kepada Pemkab Muara Enim terhadap jumlah keberadaan orang asing yang ada di kabupaten Muara Enim.

” Saya, minta kepada Imigrasi untuk dapat terus menupgrade jumlah orang asing yang ada di kabupaten Muara Enim, berkoordinasi dan melaporkan kepada kami, baik itu keluar maupun masuk nya orang asing, demi mengantisipasi dari hal hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya