Tingkatkan Kinerja Wasdakim, Kadivim Sumsel Munculkan Immigration Smart Intelligence

Tingkatkan Kinerja Wasdakim, Kadivim Sumsel Munculkan Immigration Smart Intelligence

Berbagai upaya untuk mengawasi pergerakan orang asing (OA) dan meningkatkan kinerja pengawasan dan penindakan keimigrasian (wasdakim) dengan dukungan maksimal intelijen, terus dilakukan jajaran imigrasi di Sumatera Selatan.

Salah satunya Immigration Smart Intelligence, inovasi terbaru yang ditulis Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Saffar Muhammad Godam dalam pelatihan kepemimpinan nasional. Yakni pengawasan OA berdasarkan ciri-ciri badan seseorang melalui aplikasi.

Jajaran Wasdakim se-Sumatera Selatan mengikuti pemaparan inovasi Immigration Smart Intelligence.

“Inovasi perubahan ini saya tulis dalam pelatihan kepemimpinan nasional yang masih berlangsung sejak bulan Agustus lalu sampai 16 Desember nanti. Ini saya implementasikan kepada seluruh jajaran Imigrasi di Sumatera Selatan,” ujar mantan Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta ini saat pemaparan kepada jajaran imigrasi di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Jumat (27/11/2020).

Lanjut Godam, simpel dari inovasi Immigration Smart Intelligence ini untuk mendeteksi data orang asing tanpa diketahui biodata lengkapnya. Hanya berdasarkan ciri-ciri fisik yang dikombinasikan dengan aplikasi, akan memunculkan beberapa data yang dimaksudkan.

“Misal ada informasi keberdaan orang asing di suatu tempat tanpa diketahui identitasnya sama sekali. Dari memasukkan ciri-ciri warna kulit, rambut, mata, tinggi badan, dan umur, aplikasi ini akan mendeteksi dengan sendirinya kriteria yang dimaksud. Misalnya, akan muncul 10 orang dengan kriteria itu, dan kita tinggal mencarinya. Jika orang asing itu sudah tidak ada di tempat, kita bisa cek ke sponsor atau penjaminnya,” beber pejabat yang sebentar lagi menempati posisi baru sebagai Kadivim Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Baca Juga  Kadiv Keimigrasian Jaya Saputra Puji Pelayanan HAM Kantor Imigrasi Malang

Dari data aplikasi itu, biodata orang asing yang dicari akan terdeteksi semuanya mulai paspor, izin tinggal yang digunakan sampai sponsor/penjamin atau perusahaan yang memperkerjakan akan nampak semuanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Made Nur Hepi Juniartha dikonfirmasi di sela kegiatan mengatakan, ia sangat berharap inovasi itu segera dapat dilaksanakan.

“Kami beserta jajaran sangat mengapresiasi inovasi immigration smart intelligence. Kami berharap inovasi ini dapat segera terwujud, dan ke depan bisa diterapkan secara nasional,” pungkas Made. (*)

www.kabarjawatimur.com/tingkatkan-kinerja-wasdakim-kadivim-sumsel-munculkan-immigration-smart-intelligence/