Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Kantor Wilayah Sumatera Selatan

KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI MUARA ENIM

Songsong Semangat Baru 2021, Imigrasi Muara Enim Gelar Rakor Timpora di 3 Wilayah

LUBUK LINGGAU  Dengan menyongsong semangat baru mengawali tahun 2021 Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di (3) wilayah satuan kerja kantor Imigrasi Muara Enim di hotel Dafam Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumsel. Kamis, (28/1/2021).

Dengan bertemakan Sinergitas Pengawasan Orang Asing Dan Penegakkan Hukum Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif (PEN) Pemulihan Ekonomi National 2021.

Dalam Rakor TIMPORA tersebut hadir Wakil Wali kota Lubuk Linggau H Sulaiman Kohar, Pemkab Musirawas yang mewakili, Pemkab Muratara yang mewakili, Kanwil Imigrasi diwakili Kadiv Keimigrasian Herdaus SH MH, Kakanim Muara Enim Made Nurhepi Juniartha SH MAP, Kasi Intel Imigrasi Muara Enim Machmudi SE serta tamu undangan lainya.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Lubuk Linggau H Sulaiman Kohar mengatakan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi menyambut baik adanya kegiatan Rakor TIMPORA yang di laksanakan oleh Kantor Imigrasi Muara Enim tersebut.

 
 

Ia menjelaskan, Imigrasi merupakan salah satu Mitra strategis pembangunan pemerintah daerah, yang memiliki kewenangan khusus terhadap pelayanan keimigrasian, pengawasan serta penindakan bagi orang asing.

Tentunya Ia berharap, dengan di adakan Rakor TIMPORA 2021 tersebut jalinan sinergitas yang sudah terjalin dapat terus di tingkatkan kembali, baik dalam pelayanan bidang ke Imigrasian, pengawasan, maupun penindakan orang asing.

” Ya kami berharap dengan adanya Rakor TIMPORA 2021 ini, ada banyak hal yang bisa kita pecahkan bersama, membuka lebih luas lagi wawasan kami, khususnya terhadap bidang kemajuan pembangunan bersama Imigrasi Muara Enim di era pandemi COVID-19 ,” Tandasnya.

Sementara itu Kadiv Keimigrasian Kanwil Imigrasi Sumsel Herdaus SH MH didampingi Kakanim Imigrasi Muara Enim Made Nurhepi Juniartha SH MAP mengucapkan terima kasih kepada pemkot Lubuklinggau, Pemkab Musirawas, serta Pemkab Muratara, pihaknya telah diterima dan disambut dengan baik.

Herdaus menjelaskan, Rakor Timpora 2021 yang di laksanakan tersebut bertujuan, tidak lain adalah dalam rangka untuk menjalin dan mempererat sinergitas bersama terhadap pengawasan orang asing di wilayah satuan kerja kantor Imigrasi Muara Enim serta arahan dari Bapak Presiden RI untuk melakukan pemulihan ekonomi nasional ditengah masa pendemi covid-19, dimana disamping melakukan pengawasan terhadap orang asing yang masuk dan berkegiatan di Indonesia, tapi kita juga harus melihat dampak orang asing khususnya yang akan berinvestasi di Indonesia supaya pertumbuhan ekonomi di indonesia dapat terus berjalan&meningkat ditengah masa pandemi.

 
 

” Made juga menjelaskan, jumlah keberadaan orang asing yang ada di kota Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara, untuk saat ini ber jumlah 13 orang pak, dan dari 13 orang asing tersebut ada 1 orang asing dari penyatuan keluarga di kota Lubuklinggau,” Jelasnya.

Lanjut Ia mengungkap kan, dari 13 orang asing kesemuanya tersebut merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja 3 wilayah Kabupaten/kota yang ada di kabupaten Mura, Muratara dan kota Lubuklinggau Linggau.

Ia berharap, dengan adanya Rakor Timpora 2021 tersebut, dapat terus meningkatkan lagi kerjasama bersama dalam Pengawasan orang asing daerah masing-masing, bersama masyarakat maupun pemerintah daerah.

” Laporkan kepada kami, apa bila ada masyarakat melihat keberadaan orang asing yang mencurigakan bagi masyarakat, apa bila WNA tersebut menyalahi aturan, akan kami tindak tegas sesuai dengan Undang undang Ke Imigrasi an yang berlaku, ” Pungkasnya.

sumber :https://wartainspirasi.com/2021/01/songsong-semangat-baru-2021-imigrasi-muara-enim-gelar-rakor-timpora-di-3-wilayah/